Jumat, 30 September 2011

Inilah Enam Hakim Agung Terpilih


Jakarta, PelitaOnline - SETELAH melakukan penyaringan melalui fit and proper test sekitar dua pekan di Komisi III DPR RI, akhirnya enam Hakim Agung terpilih. Mereka yang terpilih dari 18 nama yang diajukan tersebut kini sudah siap bertugas di Mahkamah Agung RI.

Keenam Hakim Agung terpilih adalah Suhadi dengan 51 suara, Gayus Lumbuun (44 suara), Nurul Elmiyah (42 suara), Andi Samsan (42 suara), Dudu Duswara (34 suara), dan Hary Jatmiko (28 suara).

"Saya ucapkan selamat kepada yang terpilih, Mereka adalah putera terbaik bangsa yang telah mengikuti berbagai tahap penyaringan," ujar anggota komisi III DPR RI, Abu Bakar al-Habsyi, Jum'at (30/9).

Menurut Abu, mereka para hakim agung terpilih sudah dengan baik mengikuti prosesi fit and proper test yang tidak ada kendala sedikitpun, termasuk muatan politis atau desakan apapun dari luar.

"Mereka telah berhasil melampaui seluruh tahap yang dipersyaratkan oleh undang-undang, karenanya mereka telah layak menjadi para hakim agung di Indonesia," imbuhnya.

Meski masing-masing memiliki kekurangan, kata dia, itulah aspek manusiawi setiap orang. Kendati demikian ia berharap mereka yang terpilih akan melakukan pembelajaran cepat untuk menutupi kekurangan tersebut. Misalnya terkait kemampuan dasar berupa hukum acara dan filsafat hukum benar-benar harus dikuasai dengan mahir oleh para hakim agung.

"Hukum acara sangat penting untuk memberikan kepastian hukum, sedang filsafat hukum sangat diperlukan untuk menggali keadilan dan kekosongan hukum. Penguasaan atas dua kompetensi itu diharapkan akan membawa mereka layak untuk disebut para 'wakil Tuhan' di bumi," jelasnya.

Untuk itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKS bidang Advokasi dan Hukum itu berpesan agar selalu menjaga independensi dan integritasnya selama menjadi Hakim Agung.

"Saya berpesan agar mereka keukeh menjaga integritas, moral, kejujuran, profesionalisme, dan independensi, karena di tangan merekalah mata rantai penegakan hukum dipertaruhkan, karena di pundak merekalah keadilan bersandar, selamat bertugas," tegasnya.

0 komentar:

Posting Komentar