Kamis, 29 Maret 2012

Para Hakim DimintaTidak Lakukan Mogok Sidang

Kamis, 29 Maret 2012
JAKARTA (Suara Karya); Para hakim diminta mengurungkan niatnya melakukan mogok sidang nasional. Sebab, Komisi III DPR sudah mengusulkan agar pemerintah menambah anggaran Mahkamah Agung sebesar Rp 500 miliar untuk gaji para hakim dalam APBN Perubahan 2012 ini.
Permintaan itu disampaikan anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS, Aboe Bakar Al-Habsy di gedung DPR, Selasa (28/3), menyusul rencana mogok sidang nasional yang akan dilakukan para hakim yang menuntut kenaikan kesejahteraan mereka yang selama ini dinilai terlalu minim.
"Kami mengharapkan, usulan itu dapat disetujui oleh rapat paripurna pada Jumat (30/3) mendatang. Usulan itu, sudah kami sampaikan pada pembicaraan tahap akhir APBN-P 2012. Kami dari Fraksi PKS mendorong anggaran kesejahteraan hakim dapat direalisasikan. Anggaran sebesar Rp 500 miliar tersebut saya lihat memang dibutuhkan," ujar Aboe.
Menurut dia, usulan ini sekaligus sebagai jawaban atas ancaman mogok sidang yang dilontarkan hakim daerah. Karena, katanya, 11 tahun lamanya uang tunjangan hakim tidak mengalami kenaikan.
Padahal, kata dia, peningkatan kesejahteraan hakim mutlak dilakukan untuk meningkatkan kualitas kinerja hakim dalam memutus setiap perkara."Dampak kenaikan harga BBM, tidak hanya dirasakan oleh rakyat 'wong cilik', tetapi juga dirasakan para hakim di daerah. Kami rasa anggaran kesejahteraan hakim harus diprioritaskan, agar mereka bisa konsentrasi menjalankan tugasnya," ujar Aboe menambahkan.
Karena itu, katanya, sangat tidak mungkin seorang hakim akan mencari uang tambahan secara halal, seperti menjual roti atau berdagang makanan kecil. Mereka, katanya, akan mencari uang tambahan secara tidak legal, seperti 'bermain perkara' yang akan merusak wibawa profesinya.
"Jangan ada lagi hakim yang harus kerja sampingan jualan roti. Merek adalah penopang pilar keadilan di negeri ini. Karena itu, saya himbau rekan-rekan hakim di daerah untuk menjalankan tugas dengan baik, tidak perlu menggelar aksi mogok sidang. Harapan kita anggaran ini bisa mulus sampai disahkan pada hari Jum'at, sehingga bisa diimplementasikan secepatnya," ujarnya lebih lanjut. (Sugandi)

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

0 komentar:

Posting Komentar