Kamis, 21 Juli 2011

Gayus: Denny suruh saya ke Singapura & saya siap dikonfrontir

Jakarta - Gayus Halomoan Tambunan, terdakwa mafia pajak mengungkapkan bahwa kepergiannya ke Singapura atas saran Sekretaris Satgas Pemberantasan Mafia Hukum (PMH), Denny Indrayana saat kasusnya meledak beberapa waktu lalu. Bahkan, di depan para anggota Panja Mafia Pajak, Gayus menyatakan siap dikonfrontir dengan Denny.

Gayus mencoba mengungkap apa adanya saat ditanyakan oleh Trimedya, Panjaitan, salah seorang anggota Panja Mafia Pajak, siapa yang menyuruhnya berangkat ke Singapura.

"Denny Indrayana yang meminta saya pergi ke Singapura. Saya siap dikonfrontir," tegas Gayus saat memberikan keterangan dalam rapat Panja Mafia Pemilu di Gedung DPR-RI, Jakarta (20/7).

Ketika anggota Panja Mafia Pajak dari Fraksi PKS, Aboebakar Al Hasby menanyakan peran Gayus yang cukup penting dalam kasus mafia pajak, pemuda lulusan Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN) itu menampik hal itu.

"Saya ini hanya pegawai paling bawah. Saya tak punya power mengatur ini mengatur itu," kata Gayus menjawab sekaligus .

Gayus kemudian mengungkap kekecewannya, dirinya pernah dijanjikan jika ia bersedia menjadi whistle blower, maka akan diringankan sanksi hukum yang dihadapi. Namun ternyata, informasi yang diberikan, Gayus mengaku malah menyulitkannya.

"Kamu nanti akan jadi whistle blower, dan mudah-mudahan akan kita ikuti terus, kita kawal," aku Gayus seraya menyatakan, yang menjanjikan itu adalah Denny Indrayana.

Trimedya Panjaitan kemudian mendalami perkataan Gayus Tambunan. Trimedya bertanya, apa yang dijanjikan Denny Indrayana kepada Gayus Tambunan sehingga mau pulang ke Indonesia setelah berhasil pergi ke Singapura. Padahal, kata Trimedya, Nazaruddin saja hingga saat ini tak mau pulang ke Indonesia.

Gayus mengaku, saat pertemuannya dengan Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, ia dijanjikkan akan dijadikan whistle blower, dan mau menceritakan khusus kasus pajak Group Bakrie. Gayus mengaku dijanjikan oleh Denny Indrayana akan diringankan vonisnya sehingga hal itu yang menjadi alasan ia menuruti saran Denny Indrayana mau berangkat ke Singapura.

"Dia akan bantu, karena dia dekat dengan media. Faktanya, cerita saya malah dijadikan komoditas politik oleh dia (Denny Indrayana)," keluh Gayus.

Janji Denny Indrayana itu, kata Gayus lagi saat dipertegas Trimedya Panjaitan, diungkapkan di Singapura sehingga ia akhirnya mau kembali ke Jakarta. Termasuk diminta mengungkap soal perusahaan Group Bakrie.

Syariffudin Suding, anggota Panja dari Hanura juga ikut mempertegas lagi, apakah memang Denny Indrayana yang menyuruh Gayus Tambunan ke Singapura.

"Saya disarankan pergi saja dulu ke sana (Singapura), supaya jangan langsung kamu yang ditangkap. Minimal Haposan dan lain-lain yang ditangkap. Nanti, saya jemput pulang bareng," ungkap Gayus seraya menirukan perkataan Denny Indrayana.

http://www.primaironline.com/berita/Hukum/1525207-gayus-denny-suruh-saya-ke-singapura-saya-siap-dikonfrontir

0 komentar:

Posting Komentar