Senin, 24 Oktober 2011

Komisi III: KPK Jangan Lagi Seperti Malin Kundang

INILAH.COM, Jakarta - Anggota Komisi III DPR F-PKS Aboebakar Alhabsyi berharap calon pimpinan KPK terpilih nanti tidak seperti malin kundang.

"Semoga capim KPK terpilih tidak menjadi malin kundang. Sekarang kami pilih namun saat berkuasa ingin mengamputasi kewenangan DPR," ujarnya, Jakarta, Senin (24/10/2011).

Malin Kundang adalah cerita rakyat yang berkisah tentang seorang anak yang durhaka pada ibunya. Delapan calon pimpinan KPK dianggap seperti anak dalam cerita tersebut, dan Komisi III adalah ibunya.

Aboebakar menilai pemeriksaan KPK terhadap pimpinan Banggar DPR, beberapa waktu lalu, dianggap merusak hubungan antarlembaga. KPK tidak menghargai DPR dengan adanya pemeriksaan tersebut.

Pimpinan Banggar sudah bekerja sesuai aturan. Tuduhan-tuduhan miring terkait mafia anggaran berkeliaran di Banggar harus dibuktikan. KPK tidak boleh asal memeriksa sehingga menimbulkan kegaduhan.

"Cukup pada periode kemarin, jangan terulang pada periode mendatang, hal demikian dapat mengganggu hubungan baik antar lembaga," katanya.

Sesuai jadwal, uji kepatutan dan kelayakan delapan calon pimpinan KPK akan dilakukan pada awal Desember 2011. Dari delapan calon, akan dipilih empat calon untuk menjadi pimpinan KPK periode 2011-2014.

0 komentar:

Posting Komentar